Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenali kabel listrik serta catu dayanya

Selasa, 28 Mei 2019 | Mei 28, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-05-28T05:31:06Z

Dalam kehidupan tiap hari kita yang berhubungan dengan listrik, kita kerap memakai kabel buat instalasi listrik dalam negeri. kita cuma ketahui kalau kabel cuma buat konduktor listrik. Dalam perihal ini, kami hendak memberikan pengetahuan kami tentang tipe kabel, dimensi kapasitasnya serta penggunaannya.

Kabel listrik merupakan sistem menyalurkan tenaga listrik. Kabel listrik terdiri dari isolator serta konduktor. Isolasi merupakan bahan penggulung kabel yang biasanya dibuat dari bahan termoplastik ataupun thermosetting, sebaliknya konduktor dibuat dari tembaga ataupun aluminium. Keahlian buat melaksanakan kabel listrik didetetapkan oleh CRC( konduktivitas dikala ini) yang dimilikinya, sebab parameter konduktivitas listrik didetetapkan dalam unit Ampere. Konduktivitas arus didetetapkan oleh penggalan konduktor pada kabel listrik





Kabel NYA

Digunakan di instalasi dalam negeri serta sistem energi. Dalam instalasi dalam negeri, kabel NYA digunakan dengan ukuran 1, 5 mm2 serta 2, 5 mm2. NYA: bahan berinsulasi PVC single- core buat instalasi/ kabel hawa eksternal. Kode corak insulasi merupakan merah, kuning, biru, serta gelap. Tipe kabel ini biasa digunakan di rumah- rumah sebab biayanya yang relatif rendah. Susunan isolasi cuma terdiri dari satu susunan, yang buatnya gampang berganti wujud, tidak tahan air( NYA merupakan tipe kabel hawa) serta gampang dijahit oleh mouse. Buat memakai kabel tipe ini dengan nyaman, kabel wajib dipasang di pipa PVC/ saluran ataupun di saluran tertutup. Dengan demikian, tidak gampang terjebak oleh tikus, serta bila terdapat insulasi yang dikupas, hingga tidak hendak terbawa- bawa secara langsung oleh manusia.

Kabel NYM

Digunakan buat kabel instalasi listrik serta sistem ataupun bangunan energi rumah tangga. Kabel NYM: mempunyai susunan isolasi PVC( umumnya putih ataupun abu- abu), ada 2, 3 ataupun 4 konduktor. Kabel NYM mempunyai susunan isolasi 2 lapis, sehingga tingkatan keamanan lebih baik daripada kabel NYA( Biayanya lebih besar daripada HIS) Kabel ini bisa digunakan di area yang kering serta basah, namun tidak boleh ditanam.

Kabel NYY

Kabel ini dirancang buat instalasi senantiasa di tanah di mana proteksi spesial wajib disediakan( misalnya pipa, pipa PVC ataupun besi). Kabel protodur tanpa casing logam. Instalasi bisa ditempatkan di dalam serta di luar rubrik, dalam keadaan basah ataupun kering. mempunyai susunan isolasi PVC( umumnya gelap), dia mempunyai 2, 3 ataupun 4 konduktor serta susunan isolasi yang lebih kokoh daripada kabel NYM( biayanya lebih besar dari NYM). Kabel NYY mempunyai insulasi pada bahan yang tidak disukai tikus.

Kabel NYAF

Kabel ini dimaksudkan serta direkomendasikan buat pemasangan di saluran distribusi pipa ataupun di dalam saluran. Kabel NYAF merupakan tipe kabel fleksibel dengan serat konduktor tembaga berisolasi PVC. Digunakan buat  https://jualkabel.net pemasangan panel yang memerlukan fleksibilitas besar, kabel tipe ini sangat sempurna buat tempat- tempat di mana belokannya kencang. Digunakan di area kering serta tidak dalam keadaan basah/ basah ataupun langsung terbawa- bawa oleh cuaca kurang baik.

Kabel NYFGbY/ NYRGbY/ NYBY

Kabel ini dirancang spesial buat instalasi senantiasa di tanah yang ditanam langsung tanpa butuh proteksi bonus( kecuali buat menyeberang jalur). Dalam keadaan wajar, kedalaman instalasi di dasar tanah merupakan 0, 8 m.

Kabel NYCY

Kabel ini dirancang buat jaringan listrik dengan konduktor konsentris di dalam tanah, di dalam rubrik, di saluran kabel serta di luar rubrik. Kabel protodur dengan proteksi CU Cable ribbon 2 lapis. Instalasi ini bisa ditempatkan di luar ataupun di dalam gedung, baik dalam keadaan basah ataupun kering.

Kabel BC

Kabel ini diblokir, dirakit. Dimensi/ tegangan Mak= 6- 500 mm2/ 500 V Pakai= saluran di atas tanah serta tanah dari konduktor.

×
Berita Terbaru Update